Tausiyah Ketua MUI Jatim di Pondok Pesantren LDII Burengan Kediri


Senin, 15 Maret 2010, bertempat di Pondok Pesantren LDII “Wali Barokah” Burengan Kediri, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, Bapak KH. Abdusshomad Buchori berkenan memberikan tausiyah (nasehat agama) kepada kader LDII. Tausiyah ini disampaikan dalam rangkaian acara Seminar bertema Gerakan Internet Sehat yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Informasi dan Komunikasi Propinsi Jatim.

Turut menyampaikan makalah dalam seminar ini adalah Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Propinsi Jawa Timur, diwakili Bp. Ir Joko Purwanto M.T. dengan tema “TANTANGAN DALAM PENGEMBANGAN TIK (ICT) DI JAWA TIMUR & SOSIALISASI UNDANG-UNDANG NO 11 TAHUN 2008 TENTANG ITE. Sementara itu Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc., ketua DPD LDII Propinsi Jawa Timur juga memberikan Makalah bertema “KODE ETIK DAKWAH DALAM DUNIA MAYA”.

Dalam tausiyahnya Bapak KH. Abdusshomad Buchori menyampaikan pandangannya bahwa:

1. Umat Islam mempunyai Predikat Khoiro Ummah dan berkewajiban serta tugas amar ma’ruf nahi munkar. (Q.S. 3 Ali Imron ayat 110)


“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik”.

2. Umat Islam mempunyai tugas Dakwah dengan hikmah, mauizhah Hasanah dan wajaadilhum billatii hiya Ahsan (Q.S. 16 An Nahl ayat 125)


“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantulah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”.
3. Perintah dan peringatan Allah SWT kepada orang-orang yang beriman agar tetap dalam ketaqwaan serta memperhatikan dengan seksama segala kegiatan di masa lalu dan persiapan untuk hari esok. (Q.S. 59 Al-Hasr ayat 18)


“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

4. Sabda Rasulullah Muhammad SAW agar setiap Muslim bersedia menyampaikan da’wah (tabligh) walaupun hanya satu ayat:

Artinya: Sampaikan (apa-apa) yang dari saya (Rasulullah Muhammad SAW)

Foto-foto kegiatan ;

sumber ;http://www.ldii-sidoarjo.org

0 Response to "Tausiyah Ketua MUI Jatim di Pondok Pesantren LDII Burengan Kediri"

Posting Komentar